Tips Jika Kabel Kopling Mu Putus

Kamis, 20 Oktober 2016 13:41:33 - oleh : admin
Rating: 3.5/10 (93 votes cast)

Semua benda yang diciptakan manusia pasti ada jangka waktu pemakaiannya. Begitu juga dengan komponen-komponen sepeda motor. Pasti akan ada saatnya komponen-komponen tersebut harus diganti. Salah satunya adalah kabel kopling.

Image result for kabel kopling cb150r

 

Jika tunggangan kamu motor dengan kopling tipe manual jangan pusing kalau kabel kopling putus. Sebab, meski kabel kopling putus, motor masih bisa jalan. Tentu ada triknya, lumayan bisa digunakan kalau kondisinya darurat. Dari pada harus dorong motor ke bengkel terdekat mending pakai trik ini. ada 2 trik yang bisa kamu coba. Tips bagi biker yang kabel koplingnya tiba-tiba putus dan tidak membawa cadangan kabel kopling, antara lain:

 

A. Kalau kabel kopling putus, paling sulit menjalankan motor di awal. Kalau tuas persneling diinjak langsung dalam kondisi motor diam, pasti motor akan menyentak dan mesin otomatis mati. Makanya, untuk memulai jalan harus dorong motor sedikit sampai roda berputar. Baru dilanjutkan dengan menginjak tuas persneling untuk memasukan gigi. Dijamin, mesin motor  tidak akan mati.

Kalau sudah jalan lebih mudah lagi. contohnya para rider balap umumnya tidak menarik kopling untuk memasukan gigi. Maksudnya biar perpindahan gigi bisa lebih cepat tanpa jeda. Jadi masalah kalau tidak tarik kopling saat menurunkan gigi. Engine brake akan terasa kasar. Makanya, kalau kondisi darurat harus kurangi kecepatan dulu baru turunkan gigi. Supaya engine brake tidak kasar. Saat kopling putus motor masih bisa jalan. Trik itu memang bisa dilakukan dan tidak berimbas negatif ke mesin. dan yang paling penting, atur rpm mesin saat gunakan motor yang tali koplingnya putus.

Carilah jalan yang relatif sepi agar jarang ada perpindahan gigi. Kalau terpaksa lewat jalan macet, pastikan posisi perneling sudah netral sebelum motor benar-benar berhenti. Agar mesin tidak mati mendadak. Pastikan juga posisi tangan dan kaki siaga di tuas rem. Untuk mengantisipasi jika terjadi hentakan akibat kita tidak menarik kopling.

 

B.  Tips kedua yang bisa dicoba tetapi ada syaratnya, syaratnya adalah motor anda sudah dipasangi engine guard atau frame slider.

caranya yaitu:

1. Pasang tali kopling yang putus, sambungkan ke engine guard.

2. Setel tali yg kencang/tegang

3. Gunakan kaki bersepatu untuk menginjak kopling

4. Injak kopling dan masukkan gigi seperti biasa

Tips Cara Darurat Saat Kabel Kopling Putus 3

 

 

 

 

Tips Cara Darurat Saat Kabel Kopling Putus 4

 

Ada solusi murah jika kabel koplingmu putus. karena yang putus itu hanya bagian dalamnya bukan yang luar, jadi bisa diganti dalamnya saja. kalau beli di bengkel resmi biasanya lebih mahal karena harus beli 1 set (luar dan dalam). apalagi untuk jenis  motor baru saat ini. cara mudah dan murahnya yakni dengan kabel kopling vespa. harganya pun murah berkisar kurang lebih 10rb rupiah. cara pasangnya bersihkn dulu pelindung luar dengan bensin, supaya kotoran yg ada di dalamnya keluar, setelah itu lumasi dengan oli baru atau pelumas lain. ujung kopling vespa biasanya lebih besar, kadang tidak cocok dengan lubang pada tuas kopling. gerinda sedikit saja. setelah itu, kencangkan kaitan pada tuas bak kopling, usahakan benar-benar kencang agar tidak terjadi selip kopling.

Image result for kabel kopling putus

Versi cetak

Artikel Terkait