Kekurangan dan kelebihan Kusen Alumunium

Selasa, 13 Agustus 2019 19:36:13 - oleh : admin
Rating: 3.0/10 (28 votes cast)

Rumah adalah tempat kita untuk merecharge energi kita setelah seharian capek beraktivitas. dalam membangun sebuah rumah kita harus benar-benar mempertimbangkan pemilihan bahan-bahan yang tepat agar rumah bisa bagus, sesuai dengan ekspektasi kita dan yang pasti awet karena itu adalah salah satu yang bisa dijadikan sebagai investasi di masa depan. 

 

Banyak material yang ditawarkan untuk membangun rumah dengan berbagai macam desain, tentukan dulu desain yang seperti apa yang kita inginkan. pilih material terbaik. mulai dari pasir, kayu, kaca, keramik, genting, dll. banyak desain produk material bahan bangunan yang menyesuaikan dengan perkembangan jaman dan fungsinya. misalkan saja kusen pintu dan jendela yang dulunya kebanyakan terbuat dari kayu. kini sudah banyak yang menjual kusen pintu dan jendela berbahan alumunium. 

 

rumah dengan model desain minimalis banyak yang menggunakan kusen alumunium. sebelum anda memilih kusen alumunium berikut kami akan sampaikan kekurangan dan kelebihan kusen alumunium.

 

KELEBIHAN KUSEN ALUMUNIUM

1. TAHAN LAMA

     Jika dibandingkan dengan kusen kayu jelas kusen alumunium lebih awet dan tahan lama. karena anti rayap/ hewan pengerat. penggunaan kusen alumunium tepat untuk daerah lembab dan berjamur misalkan di kamar mandi dan gudang. 

2. TAHAN CUACA

     Karena berbahan alumunium sehingga tidak gampang melengkung jika terpapar sinar matahari terus menerus dan terpapar hujan ketika musim penghujan tiba. terlebih kita tinggal di daerah tropis yang terkadang cuaca sangat panas ataupun sangat dingin. 

3. MUDAH PERAWATAN

     perawatan kusen alumunium tidak membutuhkan perlakuan yang istimewa. anda cukup membersihkan dengan air biasa atau dengan menyikat. tidak perlu mengecatnya berulang kali. 

4. MURAH

     harganya sebenarnya juga lebih murah sehingga bisa menghemat anggaran untuk membangun rumah. karena itu kusen alumunium disarankan untuk para konsumen yang ingin membangun rumah yang awet.

5. RINGAN

     berat kusen alumunium sangat ringan dibandingkan kusen kayu. kusen kayu yang berat seringkali membebani dinding rumah sehingga menjadi mudah rusak. 

6. CEPAT PEMASANGAN

     jika dibandingkan dengan kusen kayu pemasangan kusen alumunium lebih cepat dengan ukuran yang lebih akurat. hal ini juga didudukng karena kusen alumunium lebih ringan drpd kusen kayu.

7. WARNA MENARIK

     kusen alumunium memliki warna yang lebih modern. alumunium memiliki warna perak atau putih keperakan. desain ini sesuai untuk model pintu sehinggan bisa menjadi sangat serasi. jika dibandingkan dengan kusen kayu yang hanya bisa diberi cat atau pelitur.

 

 

KEKURANGAN KUSEN ALUMUNIUM

1. UKURAN HARUS AKURAT

     karena kusen alumunium dibuat oleh pabrik sehingga memiliki ukuran yang akurat. sehingga proses pemasangan untuk tempat kusen harus dibuat detail sejak awal jangan sampai tembok terlalu besar atau kecil sehingga kusen tidak muat .

2. PEMASANGAN HARUS TEPAT/PRESISI

harus ada tenaga / tukang khusus yang sudah terbiasa memasang kusen alumunium. alat yang digunakan untuk memasang kusen harus digunakan dengan tepat. apalagi jika kusennya tipis. kusen biasanya ditempelkan dengan sekrup khusus. kemudian dipasang dengan alat fischer agar kusen terpasang dengan kuat di tembok. kemudian bekas dari alat itu ditutup dengan semen. 

3. RENTAN BOCOR

     pemasangan harus tepat jika tidak maka rentan bocor karena ada celah diantara siku kusen alumunium. jika hujan deras bisa saja bocor dan merembes masuk ke dalam rumah. karena itu biasanya tukang akan memasang sealant khusus untuk bagian kusen dan kaca.

4. DESAIN TERBATAS

     desain kusen alumunium biasanya hanya itu-itu saja . ini dikarenakan kusen diproduksi oleh pabrik sehingga terkesan desainnya monoton. karena itu tidak sesuai untuk semua jenis pintu dirumah.  

5. HANYA KHUSUS UNTUK PINTU TERTENTU

    seperti pernyataan diatas karena desain ini kurang bervariasi. efeknya kusen  odel ini hanya untuk jenis pintu model tertentu sehingga rumah mewah atau rumah model tertentu kurang cocok untuk menggunakan model ini. 

 

jika anda ingin memilih kusen pintu atau jendela maka perhatikan beberapa materi tersebut agar anda tidak salah pilih. Selamat membangun rumah impian anda.

 

Salam Pasir Lumajang

UD.Putra Bumi

Supplier bahan bangunan, material alam dan bata ringan.

Pasir Lumajang, Pasir Pasuruan, Batu split, Batu pondasi, Sirtu urug, Bata merah, Bata ringan, Bata pres, dll

Hubungi Roy Krisnoatmodjo di 081234555590

 

Versi cetak

Artikel Terkait