Tips Memilih Keramik Lantai Rumah Minimalis

Senin, 24 September 2018 17:05:53 - oleh : admin
Rating: 3.4/10 (45 votes cast)

     Rumahku istanaku, pilih yg terbaik untuk hunian tempat tinggal anda. Tak terkecuali untuk pemilihan lantai keramik rumah anda. Disini kita akan membahas tentang lantai keramik untuk rumah minimalis. Karena rumah minimalis sedang diminati kebanyakan orang saat ini. Tapi harus jeli memilih keramiknya ya agar rumah minimalis anda tetap memberikan kesan yg luas dan nyaman. 

     Lantai merupakan salah satu elemen dari bagian rumah yg jarang mendapat sentuhan dekorasi. Dalam mendekorasi lantai bukan hanya dari segi motif nya saja, namun harus dipertimbangkan sisi kenyamanannya. Diantaranya aspek fungsi ruang, konsep ruang dan luas ruang. 

     Fungsi ruang wajib diperhatikan karena akan berpengaruh pada jenis tile (ubin) yg akan digunakan. Polished( kilap), unpolished ( tidak kilap), atau rustic ( kasar). Harus disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan. Jika salah pilih akan berpengaruh besar pada kehidupan anda bahkan bisa membahayakan keluarga anda. 

     Berikut tips memilih keramik untuk rumah minimalis:

1. Sesuaikan budget

     Pastikan budget anda cukup sebelum memutuskan untuk membeli keramik sehingga dapat membeli keramik dengan warna yg sama sejumlah kebutuhan anda. Karena keramik dengan warna yg sama persis pasti terbatas jumlahnya. Jika pembelian dicicil sedikit-sedikit beresiko terhadap warna yg didapatkan.

 

2. Pilihlah sesuai kebutuhan anda

     Pemilihan yg sesuai dan baik akan sangat menentukan kenyamanan penghuninya. Contoh: keramik untuk ruang tamu atau kamar pilih keramik polished, untuk area dapur atau carport yg kadang terkena air gunakan keramik yg unpolished atau rustic. Untuk kamar mandi pilih keramic rustic jadi penggunaan keramic dengan tekstur kasar akan mencegah hal-hal yg dapat membahayakan anggota keluarga contohnya terpeleset.

 

3. Pilih ukuran yg sesuai

     Jika ruangannya relatif kecil pilih keramik ukuran kecil atau sedang. Hal ini membuat ruangan terlihat lebih luas. Jika menggunakan keramik dengan ukuran besar kesannya akan membuat ruangan malah terlihat sempit, dan tidak matching secara estetikanya. Begitu pula sebaliknya, untung ruangan besar gunakan keramik ukuran besar. 

 

4. Pilih keramik dengan warna yg seimbang dengan rumah Anda

     Jangan memilih warna yg terlalu mencolok, warna yg terang dan mencolok akan menimbulkan kesilauan yg membuat anda kurang nyaman. Pilih warna yg soft dan sesuaikan dengan warna dinding rumah anda agar tampak lebih indah. Untuk dapur pilih warna yg agak gelap agar dapur anda tidak terlihat kotor. 

 

5. Pilih motif yg sesuai

       Untuk konsep rumah minimalis disarankan untuk memilih motif yg lebih sederhana. Hal ini membuat ruangan terlihat lebih luas dan nyaman. Selaraskan juga dengan desain ruangan anda agar keseimbangan ruang dan lantai selaras. Contohnya untuk kamar mandi pilih motif yg sedikit ramai agar menambah keindahan kamar mandi.

     Jika anda orang yg krearif. Anda bisa mengkombinasikan beberapa warna keramik yg mempunyai tingkat warna tidak jauh berbeda sehingga menimbulkan kesan khusus yg menarik dan mempunyai nilai seni tinggi. Dengan kreatifitas dan dekorasi akan memberikan atmosfer yg berbeda pada ruangan.

 

6. Pilih yg bergaransi

     Garansi itu penting karena jika anda mendapatkan keramik yg cacat bisa diretur. Tanyakan terlebih dahulu rata2 garansi yg ditawarkan oleh toko bangunan ataupun garansi pabriknya langsung. Setelah anda tahu jangka waktu garansi yg ditawarkan kita bisa estimasi waktu pembelian keramik agar tidak terlalu jauh dengan waktu pemasangan. 

7. Pilih bahan keramik

       Keramik mahal belum tentu cocok untuk konsep rumah minimalis. Mengetahui bahan keramik agar anda lebih mudah dan tahu bagaimana perawatannya. Misalnya keramik berbahan marmer yg memerlukan perawatan lebih ketat daripada perawatan keramik biasa. 

     Perhatikan bahan baku keramik, terlihat kokoh atau rentan kropos. Karena jika kita mendapatkan keramik dengan bahan yg jelek pastinya akan merugikan kita dalam segi perawatan ataupun perbaikan. 

 

Gambar terkait

 

Hasil gambar untuk tips memilih keramik lantai rumah minimalis

sumber gambar : interdesign.com

 

Gambar terkait

sumber gambar : rumahminimalismedia.com

 

 

Salam Pasir Lumajang

UD.Putra Bumi

Supplier bahan bangunan, material alam dan bata ringan.

Pasir Lumajang, Pasir Pasuruan, Batu split, Batu pondasi, Sirtu urug, Bata merah, Bata ringan, Bata pres, dll

Hubungi Roy Krisnoatmodjo di 081234555590

Versi cetak

Artikel Terkait