Tips Memilih Genteng Rumah Yang Berkualitas

Senin, 24 September 2018 07:31:26 - oleh : admin
Rating: 3.2/10 (33 votes cast)

     Genteng rumah itu ibarat mahkota, seperti rambut pada manusia. Genteng berada di bagian paling atas dari rumah yg melindungi kita dari panas dan hujan. Ada banyak sekali jenis genteng yg beredar dipasaran, seperti genteng metal, genteng beton, genteng tanah liat, genteng keramik, dll. Genteng yg baik tentunya yg sesuai dengan ekspektasi kita terhadap kebutuhan kita. Karena terdapat jenis genteng dengan berbagai macam bentuk, bahan, warna dan kualitas.

    Apa saja kriteria genteng yg baik dan berkualitas?  Nah bisa dilihat dr berbagai segi:

1. Dilihat dari segi fungsional : Tidak bocor, kuat dan memberikan rasa aman dan nyaman.

2. Dilihat dari segi estetika : bentuk genteng yg presisi, rapi, tahan segala cuaca, warna tidak luntur dan tidak pudar.

3. Dilihat dari segi durability (life time) : Awet dan tahan lama secara fungsional maupun estetika nya.

 

Berikut Tips bagaimana memilih genteng yg baik dan berkualitas:

 

A. Pilihlah genteng sesuai dengan kekuatan rangka yg digunakan

     Hal ini pasti sangat menentukan keamanan dan kenyaman dimasa mendatang. Bayangkan jika kerangka tidak kuat menopang berat genteng, bisa saja atap roboh menimpa penghuni nya. Jadi, jika kerangka memiliki kekuatan yg standar, maka sebaiknya pilih genteng dengan berat jenis ringan dan jangan terlalu berat.

 

B. Pilih tipe genteng yg sesuai dengan desain rumah kita

     Warna-warna hitam, abu-abu, biru lebih cocok digunakan untuk rumah minimalis. Sedangkan rumah berdesain klasik bisa memilih genteng warna jingga atau merah marun.

    Tentukan sudut kemiringan 30°, yg merupakan sudut kemiringan yg disarankan semua spek genteng. Jika memang kurang dr 30° karena keadaan yg tidak memungkinkan sebaiknya pilihlah atap dari metal (genteng metal) yg dapat menjamin keamanan terhadap tampias pada sudut yg landai.

     Pilih genteng kecil untuk rumah kecil dan genteng besar untuk rumah besar. Hal ini untuk estetika keindahan desain exterior rumah anda.

 

C. Sesuaikan dengan keuangan yg anda miliki

     Cara menghitung nya adalah dengan menanyakan kepada penjual harga genteng per meter persegi, jadi akan lebih mudah untuk mengukur nya. 

     Jangan sampai hanya karena keinginan yg terlalu tinggi, nanti nya hanya bisa membeli jumlah genteng yg tidak sesuai dengan kebutuhan. Oleh sebab itu pertimbangkan budget yg ada agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan genteng yg diperlukan.

 

D. Pilihlah genteng yg bagus, mulus, tidak ada retakan

     Kondisi fisik genteng yg bagus akan mengurangi resiko terjadi nya kebocoran karena air hujan yg merembes. Pembelian dalam jumlah banyak sebaiknya lkukan pengecekan dengan teknik sampling untuk memastikan fisik genteng yg bagus.

 

E. Dilihat dari segi bahan baku

     Bahan yg paling bagus adalah genteng yg terbuat dari tanah. Karena ringan dan juga tidak panas. Hindari genteng yg berat dan memiliki lapisan semen. Karena lapisan semen akan terkikis oleh air hujan dan lama kelamaan akan bocor. Pilih genteng dengan daya tutup baik untuk rumah di wilayah curah hujan tinggi.

     Bangunan kuno seperti istana jepang atau china menggunakan genteng keramik yg awet karena melalui proses pembakaran dengan temperatur tinggi.

 

F. Khusus genteng tanah/ keramik, ketuklah genteng yg akan anda beli, genteng yg dibakar sempurna akan menghasilkan suara berdenting. Cara ini untuk mengetahui kekuatan ataupun ketebalan genteng, jika bunyinya keras maka kurang bagus karena ketebalan masih relative kurang. 

 

G. Pastikan bakaran genteng sempurna

     Ciri fisik bakaran sempurna adalah warna merah kekuningan. Jika masih terlihat berwarna coklat berarti bakaran belum maksimal dan belum matang. Dampaknya jika belum matang adalah mengurangi kekuatan dan ketahanan yg dihasilkan.

 

H. Test kebocoran

     Caranya mudah yakni dengan menyiramkan air ke bagian atas permukaan genteng. Kebocoran diawali dengan proses merembes, dari merembes ini nanti nya akan menetes dan menimbulkan kebocoran.

 

I. Test kekuatan genteng

     Caranya mudah, letakkan genteng di bidang datar lalu injak. Jika genteng berkualitas baik, maka genteng tidak akan pecah ketika diinjak oleh orang dewasa.

 

Jadi pilihlah yg terbaik sesuai dengan yg anda butuhkan. Bijaklah memilih genteng untuk menghindari kegiatan perbaikan genteng menjadi acara rutin di musim penghujan. Genteng bocor dan warna luntur bisa terjadi kapan saja. Pada prinsip nya membeli genteng adalah keputusan satu kali untuk jangka waktu yg panjang ( durability life time). Keputusan memilih genteng yg salah akan mengakibatkan biaya yg sangat jauh lebih besar untuk biaya perawatan ataupun penggantian. 

 

 

Salam Pasir Lumajang

UD.Putra Bumi

Supplier bahan bangunan, material alam dan bata ringan.

Pasir Lumajang, Pasir Pasuruan, Batu split, Batu pondasi, Sirtu urug, Bata merah, Bata ringan, Bata pres, dll

Hubungi Roy Krisnoatmodjo di 081234555590

Gambar terkait

 

Gambar terkait 

Gambar terkait

Versi cetak

Artikel Terkait