Tips Memilih Papan Gypsum

Minggu, 23 September 2018 07:24:06 - oleh : admin
Rating: 3.3/10 (52 votes cast)

     Papan gypsum menjadi idola baru masyarakat, ada yg menggunakan nya sebagai bahan pelapis interior untuk dinding pembatas, plafon, sebagai partisi ruangan pengganti atau pelapis batu bata atau batako. Karena gypsum memiliku sifat yg ringan dan mudah dipasang pada rangka kayu, metal besi hollow maupun dinding bata sehingga menjadikan gypsum pilihan untuk digunakan sebagai material bangunan. Papan gypsum juga memiliki beberapa kelebihan antara lain tahan air ( sehingga bisa dipakai untuk daerah yg mempunyai tingkat kelembaban tinggi) dan tahan api ( tidak mudah terbakar sehingga memberi waktu penghuni untuk menyelamatkan diri jika terjadi kebakaran).

     Untuk anda yg saat ini sedang mencari referensi papan gypsum yg berkualitas, berikut ini tips untuk memilih papan gypsum yang berkualitas:

 1. Permukaan gypsum yang halus dan rata

       Carilah papan gypsum yang permukaannya halus, rata dan tidak berpori. Karena akan membuat proses finishing nya lebih bagus. Kualitasnya bisa dilihat secara visual dari lembaran papan yang rata. Bentukmya berupa lembaran berukuran 1,2 m x 2,4 m selain ukurannya yg bisa dicustomize (2700mm, 3000mm, 3600mm, dsb) dengan ketebalan 6,5 mm, 8mm,9mm, 12mm, 13mm, 15mm,16mm. Berwarna putih atau abu-abu dengan tepian miring (recessed edge) atau tepian kotak.

 

2. Kualitas kertas pelapis yang bagus

       Papan gypsum terbuat dari inti gypsum (kapur ditambah zat aditif lain) yang terbungkus oleh kertas pelapis. Pilih yang memiliki kertas pelapis yang kuat dan tidak mudah robek, pilih kertas yang bagus, dengan daya rekat kertas pelapis dengan gypsum core nya tidak mudah terkelupas bila sobek, dan kertasnya tidak molos saat disekrup. 

       Jika kertasnya kurang bagus akan cepat menyerap air dan menjadikan papan gypsum lebih cepat menjamur, gelembung, gampang berbercak, dan mudah bolong. Papan gypsum rentan terhadap air, oleh karena itu kekuatannya ditentukan oleh kertas pelapisnya.

 

3. Tidak mudah patah

       Cara mengetahui apakah papan tersebut mudah patah atau tidak, caranya cukup mudah. Angkat papan gypsum, jika terasa rapuh, tidak solid maka papan gypsum tersebut mudah patah.

       Papan gypsum yang bagus karena kekuatan dan kekakuannya, padat, dan tidak mudah rusak ketika terbentur. Kekakuan terlihat saat ditumpuk, papan terlihat lebih rata, serta memiliki tingkat kelendutan / sagging ( penurunan plafon papan gypsum dari level datarnya karena daya beban material terhadap ukuran bentangan) yang minimal.

 

4. Ringan

       Semakin ringan papan gypsum maka akan mempermudah proses pengerjaan. Jangan memilih ringan tapi rapuh. Pilihlah yg ringan tapi solid, kokoh dan kuat.

 

5. Bergaransi

       Ada beberapa produsen papan gypsum yang menyediakan garansi. Hal ini menjadi penting karena menjamin bahwa produk yang diterima oleh konsumen adalah produk yang sesuai denan spesifikasi, bebas cacat dan memberikan layanan teknis penghitungan kebutuhan dan pemasangan.

 

6. Biaya

       Harga dari beberapa merk papan gypsum bersaing, tidak beda jauh antar beberap merk yang sudah terkenal. Tapi kita juga harus lihat mutu dari barang tersebut.

     Kedepannya papan gypsum akan menjadi pilihan favorit dikarenakan harga plywood yang semakin mahal. Pemasangan yg mudah dan praktis bisa menghemat waktu dan biaya.  Selain itu gypsum lebih hemat energi jika diaplikasikan pada ruangan ber-AC karena membuat ruangan menjadi lebih cepat dingin dibanding pemakaian material konvensional lainnya. 

       Bila ada yg rusak, tidak perlu mengganti seluruh lembaran, cukup bagian yang rusak saja dikompon atau diplaster. Hasilnya rapi tanpa retakan. Hal ini berarti menekan biaya perwatan.

 

7. Memiliki standar internasional

       Biasanya gypsum yang berkualitas memiliki standar internasional, antara lain Australian Standars (AS), British Sandard (BS), atau American Society for Testing and Material (ASTM)

 

 

Demikian beberapa tips jika anda akan memilih gypsum. Semoga bermanfaat dan Selamat Membangun.

 

Salam Pasir Lumajang

UD.Putra Bumi

Supplier bahan bangunan, material alam dan bata ringan.

Pasir Lumajang, Pasir Pasuruan, Batu split, Batu pondasi, Sirtu urug, Bata merah, Bata ringan, Bata pres, dll

Hubungi Roy Krisnoatmodjo di 081234555590

Gambar terkait

Versi cetak

Artikel Terkait