Tips Memilih Besi Beton Berkualitas

Sabtu, 22 September 2018 17:11:16 - oleh : admin
Rating: 2.6/10 (42 votes cast)

Besi beton merupakan salah satu material bahan bangunan yg sangat dibutuhkan dalam proses mendirikan sebuah bangunan, terutama bangunan dengan tegangan tinggi seperti gedung bertingkat, jembatan, irigasi dan juga drainase jalan. 

berikut tips-tips untuk mengetahui kualitas dari besi beton:

1. Pemilihan merk

        Untuk mendapatkan besi beton berkualitas. pilihlah yang berstandar SNI alias Standar Nasional Indonesia. contoh nya besi beton Krakatau Steel (KS), Master Steel (MS), Cakratunggal Steel (CS).

       Untuk melihat merk tersebut anda bisa melihat pada bagian permukaan beton tsb. besi beton yg tersebut diatas sudah termasuk dalam kategori besi beton standar SNI sehingga tidak perlu anda khawatirkan lagi kualitasnya. 

 

2. Jenis Beton 

       Jenis beton dibedakan menjadi 2 macam yakni jenis polos dan ulir. untuk beton ulir biasanya memiliki sirip, sedangkan pada bentuk polos hanya memiliki bentuk licin dengan permukaan yg polos saja. 

       Untuk beton ulir biasanya lebih sulit untuk dibentuk. misalnya ketika akan dibengkokkan, dikarenakan tegangan yg dimiliki beton ulir lebih kuat berbeda dengan beton polos yg lebih mudah untuk dibengkokkan. 

 

3. Mengecek kondisi besi beton

       Jangan langsung tertarik dengan besi beton yg baru saja anda lihat. tapi perhatikanlah secara seksama bagaimana kondisi besi beton tersebut berkarat atau tidak. karena jika besi tersebut berkarat otomatis mempercepat proses kerusakan pada besi dan dipastikan kualitasnya tidak terlalu bagus. 

 

4. Ukuran Besi

       Besi beton yang baik ditandai dengan ukuran yang valid. misalkan ukurannya 10mm, benar-benar memiliki ukuran 10mm tidak ada toleransi minimal. besi beton memiliki banyak variasi tergantung dari jenis ukurannya. mulai ukuran 6mm, 8mm, 10mm, 12mm, 13mm, 16mm, 22mm, 25mm. Panjang besi biasanya 12 meter tekuk ataupun lurus.

       Ukuran besi beton harus disesuaikan dengan kebutuhan jenis bangunan apa yg akan dibangun. jika tidak sesuai bisa dipastikan bangunan akan roboh. untuk menjamin struktur bangunan sebaiknya dipilih besi beton yang memiliki diameter penuh dan ukuran sesuai. hindari ukuran besi yg tidak sesuai. anda harus mempertimbangkan panjang besi beton. ukuran standar adalah 12 meter. hindari memilih besi beton dengan ukuran panjang kurang dari 12 meter.  karena ada kemungkinan jika beton ini sudah mengalami beberapa tahap perubahan. hingga sudah tisak sesuai dengan standar SNI yg diberlakukan untuknya.

 

5. Harga

       Ada harga ada kualitas. hal ini juga berlaku untuk besi beton. tapi tidak menutup kemungkinan harga murah tapi memiliki kualitas yang bagus. jadi perhatikan antara harga dengan kualitas barang yg didapat.  

    

    Dengan memilih besi beton yang berkualitas otomatis kualitas bangunan menjadi lebih kokoh. apalagi untuk Gedung Bertingkat pastinya harus memilih besi beton yang berkualitas.

 

Salam Pasir Lumajang

UD.Putra Bumi

Supplier bahan bangunan, material alam dan bata ringan.

Pasir Lumajang, Pasir Pasuruan, Batu split, Batu pondasi, Sirtu urug, Bata merah, Bata ringan, Bata pres, dll

Hubungi Roy Krisnoatmodjo di 081234555590

 

Hasil gambar untuk BESI BETON CAKRATUNGGAL STEEL

Gambar terkait

Gambar terkait

Gambar terkait

Versi cetak

Artikel Terkait