Tips Memilih Pasir Berkualitas

Sabtu, 22 September 2018 09:38:42 - oleh : admin
Rating: 3.2/10 (37 votes cast)

    Bangunan Rumah tinggal merupakan kebutuhan primer setiap manusia. jadi harus pandai memilih bahan bangunan yg berkualitas untuk membangun hunian yg bisa dipakai investasi jangka panjang. 

    Berdasarkan kegunaanya pasir dibedakan menjadi 3 macam, yakni pasir pasang, pasir cor dan pasir urug.   

Masih banyak yang bertanya bagaimana sih cara memeriksa pasir tersebut berkualitas atau tidak? sebenarnya mudah. namun kadang kita masih bingung pasir apa yang bagus untuk bahan bangunan.

    Pasir yang berkualitas adalah pasir dengan kandungan lumpur yang rendah atau kurang dari 5%. Kandungan lumpur yang tinggi membuat ikatan semen dan pasir menjadi kurang kuat.

   Caranya mudah, ambil segenggam pasir. genggam dengan cukup kuat. pasir yg bagus akan terasa tajam di telapak tangan. dan pasir tidak akan menggumpal ketika genggaman tangan kita buka. 

    Cara kedua. Ambillah sekepal pasir yg anda beli, lalu ambil air segayung. masukkan pasir dengan cara dikepal kedalam gayung tersebut. lalu perhatikanlah, jika pasir tersebut cepat terurai oleh air maka dipastikan pasir tersebut memiliki kualitas campuran ampas pasir. Namun jika pasir tersebut tidak cepat terurai maka pasir tersebut memiliki kualitas yg baik.

    Pasir yg bagus biasanya di sungai yang hulunya berada di puncak gunung berapi.  karena pasir tersebut adalah material vulkanik hasil erupsi. pasir seperti ini memili kadar besi yang tinggi. di musim hujan pasir dari atas gunung akan turun bersama air. dan kita bisa dapatkan pasir yg bersih dan berkualitas. contoh pasir yang berkualitas adalah Pasir Lumajang.

    Resiko menggunakan pasir yg jelek adalah dalam hitungan dibawah 1tahun rumah ada akan retak-retak, apalagi jika digunakan untuk pengecoran. selain dari faktor pemilihan semen dan adukan yg kurang matang memilih pasir itu juga sangat penting agar rumah kita kokoh dan kuat hingga anak cucu kita. 

 

Salam Pasir Lumajang

UD.Putra Bumi

Supplier bahan bangunan, material alam dan bata ringan.

Pasir Lumajang, Pasir Pasuruan, Batu split, Batu pondasi, Sirtu urug, Bata merah, Bata ringan, Bata pres, dll

Hubungi Roy Krisnoatmodjo di 081234555590

Hasil gambar untuk pasir lumajang

Versi cetak

Artikel Terkait