Tips memilih material bangunan

Kamis, 20 September 2018 20:50:50 - oleh : admin
Rating: 4.9/10 (74 votes cast)

     Memilih material bangunan yang berkualitas akan berpengaruh pada keseluruhan hasil dari bangunan. berkaitan dengan pemilihan bahan bangunan berikut ini tips memilih material bangunan untuk hasil berkualitas.

1. Tips memilih pasir

    Pasir yang berkualitas adalah pasir dengan kandungan lumpur yang rendah atau kurang dari 5%. Kandungan lumpur yang tinggi membuat ikatan semen dan pasir menjadi kurang kuat.

   Caranya mudah, ambil segenggam pasir. genggam dengan cukup kuat. pasir yg bagus akan terasa tajam di telapak tangan. dan pasir tidak akan menggumpal ketika genggaman tangan kita buka. 

    Pasir yg bagus biasanya di sungai yang hulunya berada di puncak gunung berapi.  karena pasir tersebut adalah material vulkanik hasil erupsi. pasir seperti ini memili kadar besi yang tinggi. di musim hujan pasir dari atas gunung akan turun bersama air. dan kita bisa dapatkan pasir yg bersih dan berkualitas. contoh pasir yang berkualitas adalah Pasir Lumajang.

 

2. Tips memilih batu untuk pondasi

    Batu yang sangat baik untuk pondasi adalah batu belah. batu belah adalah batu hasil pecahan dari batu yg berukuran besar. biasanya diperoleh dari daerah sekitar gunung berapi atau daerah perbukitan. batu belah ada yang berwarna batu hitam dan putih kecoklatan.

    Kenapa batu belah yang dipilih? karena bentuk  belahannya akan mencengkeram kuat satu dengan yg lain. berbeda dengan batu bulat yg memiliki daya cengkeram yang kurang karena bentuknya yang bulat.

3. Tips memilih besi beton

    Besi beton yang baik ditandai dengan ukuran yang valid. misalkan ukurannya 10mm, benar-benar memiliki ukuran 10mm tidak ada toleransi minimal. besi beton memiliki banyak variasi tergantung dari jenis ukurannya. mulai ukuran 6mm, 8mm, 10mm, 12mm, 13mm, 16mm, 22mm, 25mm. Panjang besi biasanya 12 meter tekuk ataupun lurus.

    Untuk mendapatkan besi beton berkualitas. pilihlah yang berstandar SNI alias Standar Nasional Indonesia. contoh nya besi beton Krakatau Steel, mater Steel, Cakratunggal Steel. 

    Dengan memilih besi beton yang berkualitas otomatis kualitas bangunan menjadi lebih kokoh. apalagi untuk Gedung Bertingkat pastinya harus memilih besi beton yang berkualitas.

 

4. Tips memilih batu bata atau batako

    Batu bata masih menjadi salah satu pilihan terfavorit untuk dinding. jenis batu bata yang paling sering dipakai adalah batu bata.

    Batu bata yang berkualitas memiliki ciri-ciri antara lain: terdengar suarayg nyaring saat kita mengetuk permukaan batu bata, saat diangkat batu bata terasa ringan, memiliki pori-pori yang padat. dari segi kekuatan batu bata merah lebih kuat daripada batako.

    Perbandingan batu merah dengan batako:

    - Bata merah lebih kuat, karena batako memiliki rongga yg lebih besar.

    - Bata merah tidak menyerap panas, sehingga di dalam bangunan terasa lebih sejuk.

    - Batako lebih hemat biaya daripada bata merah, dari segi waktu pemasangan lebih cepat.

 

5. Tips memilih papan gypsum

    Papan gypsum menjadi salah satu alternatif pengganti batu bata untuk dijadikan stuktur material dinding konvensional. papan gypsum memiliki kelebihan jika dibanding batu bata, antara lain tahan terhadap api, tahan terhadap suhu lembab, ringan, fleksibel dan mudah dalam proses pemasangannya.

    Papan gypsum yg berkualitas ditandai dengan papan yg benar-benar lurus, tidak bergelombang, bobot papan gypsum dengan ketebalan 9mm beratnya tidak lebih dari 15kg, tidak mudah patah, tidak mudah retak ketika terbentur, stabil ketika dipakai sebagai partisi ruangan dan permukaan yg halus tanpa gumpalan.

 

6. Tips memilih genteng

     Genteng adalah elemen penting dari sebuah bangunan yang melindungi kita dari terik matahari, hujan dan debu. saat ini tersedia beberapa jenis genteng antara lain genteng dari tanah liat, genteng metal, genteng beton, genteng keramik, dan beberapa jenis genteng lainnya. genteng dari tanah liat masih menjadi primadona karena suasana rumah menjadi lebih dingin. tetapi kerangka atap atau kuda-kuda harus lebih kuat.  

    Pada prinsipnya genteng yg baik adalah genteng tahan terhadap cuaca, warna tidak cepat pudar, awet serta tahan lama. 

 

7. Tips memilih keramik

    Lantai keramik memiliki beragam warna, motif, ukuran dan tekstur. lantai keramik menjadi favorit untuk bahan bangunan karena harganya yang relatif lebih murah dari pada material lantai dari batuan alam, granit ataupun porselain. 

    Jika ingin menekan waktu pemasangan pilihlah keramik yang berukuran besar. untuk menghadirkan warna modern pilih warna yg netral. untuk bagian dalam rumah pilih keramik dengan tekstur permukaan yg halus dan mengkilap. sedangkan untuk area yg sering berhubungan dengan air gunakan keramik yg bertekstur kasar. 

    Keramik yg berkualitas ditandai dengan memiliki bobot yang terbilang cukup berat. hal ini dikarenakan keramik memiliki kepadatan dan kekuatan yg baik. tahan terhadap goresan dan memiliki ukuran yg presisi. kenapa harus presisi? hal ini akan memudahkan kita untuk pemasangan keramik dan hasilnya pun akan lebih rapi. 

    Keramik memiliki beragam ukuran, mulai dari 20x20cm, 25x25cm, 30x30cm, 45x45cm sampai 60x60cm. dari segi kualitas ada KW1 (baik), KW2 (sedang), KW3(jelek).

8. Tips memilih semen

     Semen yang ada di pasaran Indonesia hampir memiliki kesamaan antara merk satu dengan yg lain. baik dari segi harga maupun kualitasnya.  tapi lebih baik gunakan semen yang bermerk untuk mendapatkan plesteran kuat. 

    Agar hasil adukan semen lebih kuat dan merekat jika dicampur dengan pasir yg berkualitas tanpa pencampuran bahan lainnya. 

 

9. Tips memilih kayu

   Pilih kayu dengan kadar air kurang dari 20%, sebaiknya gunakan kayu konstruksi kalimantan misalnya kayu kamper samarinda atau kamper rasamala agar bangunan lebih kokoh, gunakan kayu yg sudah dioven atau dikeringkan adar tidak cepat lapuk dimakan waktu.    

 

10. Tips memilih cat

    Dalam memilih cat orang biasanya beranggapan bahwa harga mahal pasti bagus. sebelum memilih cat pastikan dulu cat yang anda pilih untuk bidang interior atau eksterior. untuk hasil yg maksimal kita harus memilih cat yg tepat. kemudian pilih warna yg sesuai dengan karakter atau kepribadian anda, karena warna cat berpengaruh pada mood atau suasana hati orang yg tinggal di dalamnya. 

 

Demikian beberapa tips dari www.pasirlumajang.com dalam memilih beberapa bahan bangunan untuk rumah ataupu gedung. semoga bisa bermanfaat untuk yg sedang akan membangun rumah. SELAMAT MEMBANGUN

 

Salam Pasir Lumajang

UD.Putra Bumi

Supplier bahan bangunan, material alam dan bata ringan.

Pasir Lumajang, Pasir Pasuruan, Batu split, Batu pondasi, Sirtu urug, Bata merah, Bata ringan, Bata pres, dll

Hubungi Roy Krisnoatmodjo di 081234555590

 

Gambar terkait

Versi cetak

Artikel Terkait