Kain Batik Pisang khas Lumajang

Kamis, 29 September 2016 13:16:51 - oleh : admin
Rating: 3.9/10 (148 votes cast)

Batik sudah disahkan oleh UNESCO sebagai warisan asli dari Indonesia. Batik terus berkembang sesuai perkembangan jaman. Jaman dahulu hanya dipakai oleh para keluarga Keraton atau keturunan ningrat saja. tetapi seiring dengan perkembangan jaman, batik telah tersebar luas dengan ribuan motif dari berbagai daerah di Indonesia dan dipakai oleh seluruh kalangan, tua ataupun muda. 


Dahulu batik hanya hadir dalam 1 warna yakni coklat saja, tetapi sekarang batik hadir dengan berbagai macam warna sehingga menjadi lebih menarik minat fashion dari para kawula muda.


Setiap daerah memiliki corak motif yang berbeda - beda dari masing-masing daerah sesuai ciri khas daerah tersebut. batik- batik yang sudah terkenal antara lain batik dari Pekalongan, Batik Jogya, Batik Solo, Batik Cirebon, dan masih banyak kota - kota yang lainnya. Begitu juga dengan Lumajang yang mempunyai batik khas, yakni batik motif Pisang, karena Lumajang dikenal sebagai kota pisang. asli dan unik dari Lumajang.


Lumajang yang mempunyai Julukan sebagai kota Pisang karena di Lumajang banyak sekali dijumpai pisang. terutama Pisang Agung yang menjadi ciri khas kabupaten ini. Karena keunikan tersebut terinspirasilah terbentuknya batik Lumajang yang dinamakan Batik Pisang.


Sesuai dengan namanya batik pisang, mempunyai motif yang khas yakni motif dasar pisang agung yang berbeda dengan motif daerah lain. Pisang asli Lumajang Pisang Agung berukuran besar dan panjang sekitar 20-30 cm. Batik bermotif pisang ini juga sebagai media promosi bahwa Lumajang juga mempunyai kain batik khas nan cantik. 


Batik pisang ini bermula dari seorang laki-laki yang gemar membatik dari daerah Bentengrejo Lumajang. Selain motif batik pisang masih ada motif-motif lain yang tak kalah cantik dengan motif pisang, yakni antara lain motif Semeru, motif Burung Penglor, dan lain sebagainya. Batik dari Lumajang ini adalah salah satu produk unggulan dari Lumajang dan sudah disebarkan ke daerah lain dan menjadi salah satu cindera mata yang menarik jika anda berkunjung ke Lumajang.


Versi cetak

Artikel Terkait