Biker Rawan Terserang Hemoroid

Rabu, 18 Januari 2017 11:17:05 - oleh : admin
Rating: 3.9/10 (119 votes cast)

Hasil gambar untuk biker cb150r

Hemoroid adalah pembengkakan yang berisi pembuluh darah yang membesar. Pembuluh darah yang terkena hemoroid berada di dalam rektum atau di dalam anus. Kebanyakan hemoroid adalah penyakit ringan dan bahkan tidak menimbulkan gejala.

 

Jika saja terdapat gejala hemoroid, biasanya yang sering terjadi adalah:

  • Pendarahan setelah buang air besar. Warna darah berwarna merah terang.
  • Terdapat lendir setelah buang air besar.
  • Benjolan tergantung di luar anus. Benjolan ini biasanya harus didorong kembali ke dalam setelah buang air besar.
  • Pembengkakan, rasa nyeri, dan kemerahan di sekitar anus.
  • Mengalami gatal-gatal di sekitar anus.

 Hasil gambar untuk hemoroid

 

Pembuluh darah bisa membengkak di dalam anus dan tidak dapat terlihat, ini disebut sebagai hemoroid internal. Pembengkakan juga bisa terjadi di luar anus yang terasa lebih nyeri, yaitu di dekat lubang anus, disebut sebagai hemoroid eksternal.

 

Hemoroid atau orang biasa menyebutnya dengan wasir adalah penyakit yang umum terjadi. Pada usia 50 tahun, hampir setengah orang dewasa menderita gatal-gatal, tidak nyaman, dan pendarahan. Ini bisa menandakan munculnya hemoroid.

 

Menurut data Depkes pada tahun 2008, prevalensi hemoroid di Indonesia setidaknya 5,7 persen dari total populasi atau sekitar 10 juta orang. Menurut data WHO tahun 2008, jumlah penderita wasir atau hemoroid di seluruh dunia adalah sekitar 230 juta orang.

 

Penyakit ini dihubungkan dengan adanya peningkatan tekanan darah dalam pembuluh darah yang berada di anus dan sekitarnya.

 

Hemoroid atau wasir adalah penyakit yang mengancam bikers. Mengapa itu bisa terjadi? Penyebab nya adalah karena duduk terlalu lama. jika duduk terlalu lama, daerah anus akan terkena tekanan gravitasi hingga pembuluh darah bisa tergencet.

 

Apalagi jika ditambah pola makan yang jelek, sering makan fast food atau junk food, kurang sayur dan buah, kurang serat, kurang air putih bikin faeces jadi padat. untuk pup jadi harus ada tenaga ekstra dan akhirnya bisa merobek pembuluh darah di sekitar anus dan terjadi hemoroid.

 

Peningkatan tekanan darah di area anus dan rektum bisa disebabkan karena terlalu lama mengejan saat buang air besar. Konstipasi jadi penyebab utama dari orang mengejan. Konstipasi yang terjadi biasanya akibat dari kekurangan nutrisi serat di dalam makanan.

 

Supaya Biker tidak terkena hemoroid:

  • Jangan riding terlalu lama
  • sering relaksasi dan berdiri atau olahraga ringan
  • Meminum banyak air putih. Kurangi mengonsumsi kafein dan minuman beralkohol.
  • Menambah asupan serat di dalam makanan: buah, sayuran, beras merah atau beras cokelat, biji-bijian, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh.
  • jangan menahan BAB atau BAK saat touring.

 

so.. Jaga kesehatan kita brother n Sister.

Versi cetak

Artikel Terkait