Keunggulan Komstir Bambu VS Komstir Ori

Senin, 9 Januari 2017 12:48:13 - oleh : admin
Rating: 3.9/10 (122 votes cast)

Salah satu part sepeda motor yg berupa susunan bola-bola besi diantara cones atau biasa di sebut laher atau bearing setang dan lebih kondang di sebut komstir. mudah sekali rusak (oblak) setelah menghajar lobang.

Komstir dikenal jg dg sebutan laher stang, pelor stang. Komstir / bearing komstir sangat menentukan tingkat presisi handling motor karena berfungsi sebagai bantalan/redaman yg menghubungkan shock depan dengan stang kemudi motor. Letak komstir tepatnya ada di segitiga stang bawah dan di segitiga stang atas. Komstir ini kalau sudah rusak atau oblak, efek sampingnya banyak: mulai dari motor jadi liar handling-nya (stang terasa kendor tertarik ke atas-bawah dan kiri-kanan), tidak presisi (misalnya kita ingin belok kanan tapi stang terasa berat dan lebih tertarik ke kiri, dan sebaliknya), bunyi ‘BLETAK’ di sekitar stang saat motor menghajar polisi tidur atau lubang dalam kecepatan lumayan tinggi, hingga tangan kita sering terasa cepat kesemutan. Bagaimana kalau efek ini terjadi saat dalam kecepatan tinggi, tentunya membahayakan sang rider dan boncenger (klo ada hehehe).

 Gambar terkait

 

Saran dari temen. katanya kalo mau awet pake komstir model bambu. Komstir standar bentuknya seperti diatas. Set-set terdiri dari 4 buah cone dan ball race (bola-bola besi).

Gambar terkait

Nah yang model bambu atau komstir laher bambu.. bola-bola tumpuan tidak lagi berbentuk bulat, tapi silinder seperti bambu.

Komstir bambu ini jenisnya tappered bearing. dimana pembagian beban terbagi rata diseluruh roller bearingnya. Makanya kalo pasang laher bambu di komstir, handlingnya lebih enteng. Masangnya juga lebih mudah, gak perlu menata roller ball.  Tidak seperti komstir standar yang memakai bola-bola besi yang ditata. Bebannya seluruhnya bertumpu di 2 buah ball bearingnya. Bagian atas komstir bertumpu di ball paling belakang, dan bagian bawah komstir bertumpu di ball paling depan.

 

Komstir standar pelor vs komstir racing bambu. Kalau ada yg lebih berkualitas dan awet kenapa engga!

 

Motor off road seperti D-Tracker , KLX bawaan pabrik udah pake komstir bambu. Masangnya juga sama kayak komstir standar, hanya saja untuk jenis bambu, kita gak perlu ribet nyusun ball race… jadi malah lebih mudah.

 

Kelebihan menggunakan KOMSTIR MODEL BAMBU/CONES/RACING:
1. Digunakan sebagai komstir standar motor trail/cross dan moge  sehingga recommended untuk shock Upside-Down yang tahan hentakan.
2. Pemasangan jauh lebih mudah dan ringkas dibandingkan memasang komstir standar model pelor (bola-bola kecil / roller balls). 
3. Tahan hentakan dan lebih awet.
4. Handling / kemudi motor terasa nyaman dan presisi. Stabil di kecepatan rendah ataupun tinggi.

 

 

Versi cetak

Artikel Terkait