yang Wajib Diketahui Tentang Bearing Motor Kita

Senin, 9 Januari 2017 11:50:37 - oleh : admin
Rating: 4.0/10 (110 votes cast)

Pernahkah anda merasakan saat mengendarai motor, stang terasa tidak stabil dan terasa goyang pada saat jalan lurus?  Sangat beresiko jika memaksakan mengendarai stang motor yang sudah tidak stabil dan terasa goyang karena dapat membahayakan keselamatan pengendaranya. Alasan penyebab dari stang goyang pun sangat beragam, salah satunya adalah rusaknya Bearing.

Bearing roda terdapat ditengah roda dan berhubungan langsung dengan roda. Periksa bearing roda apakah ada bantalan peluru yang pecah. Bila rusak atau oblak harus segera diganti. Untuk memeriksanya caranya adalah dengan menggoyang roda kekiri dan kekanan. Apabila terasa oblak berarti bearing roda memang harus diganti.

Kenapa sih bearing atau laher roda motor yang kita tunggangi cepat rusak. Namun sebelum kita menelusuri apa penyebab bearing rusak tidak ada salahnya kita mengenal tentang bearing.

Bearing terdiri dari 3 bagian, seperti yang terlihat di gambar atas bagian yang pertama yaitu bagian luar lingkaran besi, kedua bagian tengah yaitu bagian yang terdiri dari bola-bola besi (pelor), dan ketiga bagian dalam lingkaran atau yang disebut poros bearing.

Hasil gambar untuk bearing motor cb150r Gambar terkait

 

Biasanya bagian bola besi ini yang paling rawan rusak karena berputar mengikuti poros bearing sesuai dengan putaran roda motor, sedikit saja cacat yang ada di salah satu bola besi akan mengakibatkan poros atau bagian luar bearing terkikis.

 

1. Posisi bearing

Sebenarnya ada beberapa penyebab kenapa bearing atau laher roda motor yang kita tunggangi cepat rusak, yang pertama memang jalan yang dilalui motor tersebut terlalu ekstrim, bergelombang, atau bahkan berlubang sehingga bearing sering terkena hantam dan cacat.

 

2. Seal atau tutup pelindung karet rusak. Penyebabnya karena karet sudah getas yang menyebabkan debu dan air masuk ke bearing sehingga bearing menjadi berkarat.

 

3. Kesalahan pemasangan bearing, dalam memodifikasi sering kali bagian roda ini ganti velg dan kadang bearing tidak pas dipasangkan kedalam wadah, mangkuk, atau teromol velg. Selain itu ada bagian yang kadang lupa dipasang yaitu collar atau bos as yang berada di tengah di antara kedua bearing kanan dan kiri bearing.

 

Versi cetak

Artikel Terkait