Pura Mandara Giri Semeru Agung Senduro Lumajang

Jum`at, 22 Juli 2016 13:59:20 - oleh : admin
Rating: 3.8/10 (121 votes cast)

Pura Mandara Giri Semeru Agung atau biasa disebut Pura Kahyangan Jagat. Yakni Pura tempat memuja Sang Hyang Widi Wasa. atau orang biasanya menyebutnya dengan naik hajinya orang Hindu se-Indonesia. 


Pura ini merupakan Pura terbesar ke-dua setelah Pura Besakih di Bali. Tempat ini selalu ramai dikunjungi setiap harinya. Apalagi ketika ada kegiatan keagamaan umat Hindu dan yang paling ramai adalah saat ulang tahun Pura atau biasnya disebut Piodalan.


Awalnya tidak mudah mendapatkan izin untuk membangun Pura di Lokasi ini karena susahya perizinan yang harus diurus. Setelah bertahun-tahun akhirnya izin didapatkan. Kemudian dibangunlah pura diatas pekarangan seluas 20 x 60 meter. Setelah 3 tahun kemudian areal tanah berkembang menjadi dua hektar. Awalnya hanya berupa banguna sederhana, sekarang menjadi bangunan yang cukup megah.


Latar belakang pemilihan lokasi pura dibawah kaki Gunung Semeru ini karena berkaitan dengan mite pemindahan Gunung Mahameru dari tanah Bharatawarsa (India) ke jawa, karena tanah jawa masih menggang-menggung belum stabil. seperti yang dikisahkan dalam naskah Tantu Pagelaran.


Bentuk Pura mengikuti gaya arsitektur pura yang ada di Bali yang masih mengikuti gaya arsitektur jaman kerajaan majapahit. Hal ini dipengaruhi oleh budaya Hindu dengan dasar filosofi dalam ajaran agama Hindu. 


Ada beberapa bangunan pendukung di sekitar pura ini. Antara lain terdapat Candi Bentar (Apit Surang) di jaba sisi dan Candi Kurung (Gelungkuri) di Jaba Tengah. Di areal ini juga dibangun Bale Patok, Bale Gong, Gedong Simpen, dan Bale Kul-kul. Ada juga Suci sebagai dapur khusus dan Bale Patandingan. Di jeroan areal utama ada pengapit lawang, bale Ongkara, Bale Panasekan, Bale Gajah, Bale Agung, Bale Paselang, Anglurah, Tajuk dan Padmanabila sebagai bangunan Suci, Utama dan sentral. Untuk ruang tersebut pengunjung tidak diijinkan masuk selain yang bergama Hindu atau untuk yang beribadah.


Di lokasi yang agak menurun disisi timur dibangun Pasraman Sulinggih, Bale Simpen Peralatan dan dua Bale Pagibungan selain dapur. Sedangkan disisi selatan ada wantilan megah dan luas. juga ada bangunan kantor Parisada, Perpustakaan dan Gerbang Utama Waringin Lawang.


Pura Mandara Giri Harus masuk ke dalam tempat wisata yang wajib dikunjungi jika anda berada di Lumajang. Objek wisata Pura mandara Giri berada di bawah kaki Gunung Semeru, teoatnya di kecamatan Sendoro kabupaten Lumajang yang terletak di 20 km sebelah barat dari pusat Kota Lumajang.


Pura Mandara Giri bisa Ditempuh dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi baik roda dua ataupun roda empat. Disekitar lokasi sudah ada hotel maupun restoran yang cukup memadai. Jika anda berlibur bersama anak-anak, tempat ini bagus untuk mengajarkan sejarah Bangsa Indonesia.


 



 


Versi cetak

Artikel Terkait