LUMAJANG KOTA PISANG

Minggu, 26 Juni 2016 00:42:06 - oleh : admin
Rating: 3.9/10 (130 votes cast)

Semua kota pasti mempunyai sebutan khas masing-masing. Contohnya saja Ponorogo kota Reog, Mojokerto kota Onde-onde, dan masih banyak lagi sebutan khas untuk masing-masing kota. Sebutan khas untuk masing-masing kota biasanya diambilkan dari sesuatu yang banyak dihasilkan atau sesuatu yang khas dari kota tersebut.


Begitu pula dengan Lumajang. Lumajang disebut kota pisang, mengapa disebut dengan kota Pisang? karena di Lumajang banyak sekali dihasilkan pisang. Berupa buah pisang maupun olahannya. Pisang yang paling terkenal adalah Pisang Agung. kenapa dikatakan Pisang Agung, karena ukurannya sebesar lengan orang dewasa.


Pisang Agung biasanya dipanen dari daerah Senduro. tapi tak hanya ada disitu saja, masih banyak daerah lain yang menjual pisang ini. antara lain di Pasrujambe dan di sepanjang jalan raya Klakah sampai Ranuyoso banyak yang menjual buah pisang ini dan bisa dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang.


Sesuai dengan namanya, Lumajang adalah produsen terbesar kripik pisang dari Pisang Agung. Bila anda penasaran sebesar apa Pisang agung ini, yuk dateng ke Lumajang.


Model by: Arifin KCS dan Cecep HSSC




 


Versi cetak

Artikel Terkait